Makanan Khas Blitar yang Menggoyang Lidah

10:25 PM

wisata kuliner

Blitar adalah kota proklamasi, karena di sanalah Bapak Proklamator Republik Indonesia dilahirkan dan bersemayam.

Sebagai identitas Indonesia yang memiliki banyak aneka ragam kekayaan bangsa, Blitar menyimpan banyak akan kekayaan wisata kulinernya.

Biasanya masyarakat dari luar kota, luar provinsi, bahkan dari luar jawa mengunjungi Kota Blitar ini untuk berziarah ke Makam Bung Karno.

Namun, wisata kuliner di sana tak akan dilupakan untuk mereka singgahi karena makanan yang sangat khas.

Penasaran makanan khas apa saja yang menjadi incaran para wisatawan? Kami akan membahas berbagai kuliner yang ada di Kota Blitar ini, makanan khas Blitar yang mampu memanjakan lidah dan perutmu.

1. Rujak Cingur Khas Blitar 


Rujak Cingur adalah makanan khas tradisional dari Kota Blitar. Bahan utama untuk membuat rujak cingur adalah lidah sapi.

Bahan lainnya untuk membuat rujak cingur adalah mentimun, bengkuang, nanas, mangga muda,  tahu, tempe, taoge, kacang panjang.

Bahan utama yaitu cingur atau lidah sapi dan bahan tambahan lainnya dicampur dengan bumbu yang terbuat dari petis, gula merah, kacang tanah, cabai, bawang goreng, garam dan potongan pisang klutuk. 

Rujak cingur ini memiliki cita rasa yang gurih, sehingga dapat memanjakan lidah kamu. Dan kamu wajib untuk mencoba makanan khas Blitar ini.

2. Nasi Ampok


Nasi ampok pengganti nasi yang terbuat dari jagung. Kamu bisa menjumpai kuliner ini di sekitar alun-alun Blitar atau didaerah pedesaan Blitar.

Kamu hanya mengeluarkan uang 4.000 rupiah saja dan bisa mendapatkan kelezatan dan kandungan manfaat dari nasi ampok.

Untuk menambah cita rasa, nasi ampok akan lebih nikmat jika disajikan dengan sambal tomat, sayur rebus, serta ditambah dengan ikan asin.

3. Peyek Uceng


Peyek Uceng ini cemilan kering yang renyah dan gurih. Peyek ini sangat cocok untuk dimakan dengan nasi pecel.


Di Blitar, ada salah satu olahan peyek yang menjadi kuliner khas di sana, yaitu Peyek Uceng. Uceng itu terbuat dari ikan air tawar yang memiliki ukuran kecil dan rasanya seperti ikan wader. 

Karena bahan dasarnya adalah ikan uceng sehingga peyek ini di namai Peyek Uceng.

Jika kamu ke Kota Blitar kamu wajib membeli oleh-oleh Peyek Uceng ini, karena rasanya yang khas.






  





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »